Cerita di balik interview berhadiah

Selasa, 2 oktober

09.30 wib
Beberapa hari ini saya di telphoe oleh sebuah nomor asing, berhubung nomor tersebut tidak terdaftar di phonebook saya, maka tidak saya angkat. Ternyata nomor tersebut sudah 2 hari ini menghubungi saya.Akhirnya saya berpikir tidak ada salahnya diangkat mana tau aja ada sesuatu yang penting dan ternyata memang benar telephone tersebut adalah sebuah panggilan interview kerja.
Awalnya agak gak yakin, secara nelphonenya pas saya bangun tidur jadi ngangkat telphonenya antara sadar dan tidak sadar J. Setelah telp ditutup saya baru ingat ini adalah panggilan kerja   dari partisipasi saya di sebuah acara jobfair. Tapi agak gak yakin sie soalnya saya lupa waktu itu saya apllay sebagai apa di perusahaan tersebut * pesan : usahakan dapatkan informasi yang jelas ketika ada perusahaan yang mengabarkan untuk megikuti sebuah interview.
Sebenarnya yang bikin saya agak kurang yakin adalah cerita teman saya tentang interview fiktif * pesan : pastikan minta amalat yang lengkap perusahaan yang dimaksud, kalau perlu searching perusahaan di google atau media apapun untuk memastikan memang perusaannya benar-benar ada. Secara setelah banyak sekali penipuan dengan bermacam-macam kedong dan yang paling terkenal itu adalah penipuan mengatasnamakan mama dan pulsa.
Setelah mendengarkan penjelasan dari sang penelphone saya mendapatkan info :
“ Interview jam 09.00 wib disebuah wisma dibilangan Slipi, untuk posisi Admin “

16.00 wib
Teman saya telephone dan ternyata dia juga mendapatkan panggilan kerjaan yang sama dengan saya, kita sempat diskas sie kira-kira ni perusahaan benar atau tidak gak ya??? Akhirnya kita sepakat untuk datang di interview besok.

Rabu, 3 Oktober 2012

05.00 wib
Persiapan berangkat menuju perkantorn dibilangan slipi, sehari sebelumya saya sempat searching lokasi untuk memastikan rute agak tidak tersasar lagi, maklu setelah hampir 8 tahun tinggal di luar kota jadi ketika kembali ke Jakarta lagi agak disorientasi arah.

05.30 wib
Saya menetapkan tidak mengikuti rute pertama ataupu ke dua dari yang direncanakan, ya berhubung teman saya juga mendapatkan panggilan yang sama jadi saya pikir gak ada salahnya kalau saya menyambangi kosannya untuk bias berangkat bersama.

06.30 wib
Setelah menempu perjalanan kurang lebih 1 jam dari ciputat – pasar minggu, akhirny sampai juga. Setelah ngobrol sebentar akhirnya kami sepakat untuk menggunakan transportasi masal Trans Jakarta. Dari pasar minggu kami naik metro mini 64 ke arah pancoran ( ongkosnya @ Rp. 2000 ), kemudian lanjut busway kearah grogol tapi turun di shelter Harapan Bunda.

07.45 wib
Sampai di tempat tujuan jam 07.45, lalu kami langsung menuju Lt.10 Kav. 9 dan ternyata disana juga sudah banyak perserta yang sepertinya akan mengikuti interview. Ragam bentuk oaring-orang yang akan mengikuti interview tapi yang pasti di raut wajah mereka tersirat sebuah harapan akan masa depan. Kami dikumpulkan disebuah ruangan yang mana ada sekitar 8 orang yang mendapat undangan dari orang yang berbeda-beda ( kecurigaan pertama : kenapa HRD nya banyak sekali ada sekita 5 -7 orang yang disebutkan namanya sebagai penghubung ).

08.35 wib
Manusia yang datan ternyata makin banyak, saya tambah curiga sejk kapan interview jadi seperti kuliah umum yang terbuka untuk siapa saja ( kecurigaan ke 2 ). Kami diarahkan sebuah ruangan yang lebih besar lagi dengan deretan kursi-kursi persis seperti ruangan kelas waktu masi kuliah dulu. Sebelumnya kami mengisi buku absen dan memakai nametag di mana di sana tertulis nama saya dan orang yang mengundang saya ( kecurigaan ke 3 ).
Peserta interview mulai lebih banyak yang datang, kalau gak salah sekitar 90an lebih ( angka ini saya dapatkan dari kejadian di akhir acara ). Saya memilih duduk di kursi paling depan, sambil menunggu kami disuguhi aluna music yang agak sedikit mengganggu untuk sebuah interview ( kecurigaan ke 4 ).

09.15 wib
Akhirnya yang di tunggu tiba dan lengkaplah kecurigaan saya. Tadaaaaaaaa……….
Kalau menurut saya ini bukan interview karena lebih seperti presentasi produk MLM. Bukan maksud untuk menuduh tapi kalau bias saya bilang ini adaah modus terbaru merekrut pegawai. Saya yakin sekali bukan saya saja yang merasa tapi hampir 90 %peserta interview yang ada di ruangan tersebut merasa di bohongi. Walaupun sudah banyak kecurigaan dari awal kedatangan saya, tapi saya berusaha untuk tetap berpikir positif bahwa setelah acara ini akan ada interview secara personal.

11.55 wib
Akhirnya presentasi selesai, ada yang menarik memang dari interview kali ini soalnya sebelum pulang kami disuguhi makan siang dan 7 hadiah bagi peserta yang beruntung ( menurut saya ,yah anggap saja ini seperti permohonan maaf karena diawal mereka gak jujur J ). Memang acara interview yag luar biasa, kreatif dan strategi yang mereka lakukan untuk menrekrut karyawan patut diacungin jempol, walaupun saya cuma bisa kasi jempol terbalik. Mohon maaf ya, saya agak tidak respect dengan kebohongan mereka di awal.
Menurut saya kalopun hari itu atau hari selanjutnya memang ada peserta yang tetap bertahan ya semoga saja pekerjaan yang mereka pilih sejalan dengan apa yang di janjikan. Sementara ini pekerjaan yang mereka tawarkan belum menarik minat saya.

12.30 wib
Acara selesai, dengan segal upaya untuk bisa keluar dari ruangan kami lakukan, kami disini adalah selain teman saya diawal teryata saya juga mendapatkan seorang tema baru. Wanita cantik keturunan thonghoa lulusan dari universitas swasta terkenal di Jakarta yang merasakan hal yang sama dengan saya “ agak sedikit tertipu “.
Jadi buat teman-teman yang sedang mencari pekerjaan dan masih dalam proses menjalani interview saya sarankan untuk :
  1. Pastikan pada saat menerima telephone dari perusahaan yang meminta untuk interview, kejelasan posisi pada saat anda apply, alamat kantor, dengan siapa anda berbica dan jam berapa anda harus hadir.
  2. Untuk memastikan bahwa perusahaan yang dimaksud tidak fiktif usahakan sehari sebelumnya anda searching tempat, selain untuk memastikan kebenaran letaknya dengan melakukan searching terlebi dahulu bisa membantu pada saat anda ingin ketempat tujuan.
  3. Mempersiapkan CV dan berkas-berkasnya sehari sebelumnya agar tidak tergesa-gesa dan terlambat karena harus mempersiapkan.
  4. Tinggal di ibukota Jakarta harus tahu benar yang namanya time management

So, sukses ya untuk interviewnya. Semoga segala hal yang saya bagikan disini bisa bermanfaat. Happy searching everyone J

By : @yukiafriani

Comments

Popular Posts