Berbagi dan Memberi

Ketika kita mendengar kata berbagi dan memberi,  hal terlintas pertama kali di benak kita biasanya berbagi dalam bentuk materi.Namun berbagi tak hanya sebatas pada semampu apa kita bisa memberikan sejumlah uang atau barang kepada orang lain. Karena esensi dari berbagi dan memberi menurut saya adalah seberapa bisa kita bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitar kita. 

Mungkin bagi mereka yang di berkahi materi yang berlebih sepertinya tak mengapa apa bila yang ada di benak mereka adalah berbagi berupa materi. Namun bagi mereka-mereka yang belum di percayakan untuk memeiliki materi yang lebih, menurut saya berbagi dan memberi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dimulai dari hal kecil saja.

Ini adalah berbagi dan memberi menurut saya

Saya adalah salah satu tipe ke dua dari contoh manusia yang saya sebutkan di atas, saat ini mungkin bukan materi yang bisa saya berikan kepada sekitar saya. Namun saya punya segenap tenaga untuk bisa saya bagi dan beri bagi mereka yang membutuhkan pertolongan saya.

Sebenarnya hal mudah yang bisa kita lakukan untuk berbagi dan memberi bisa dimulai dengan tersenyum. Ya hanya 1 senyuma, karena 1 senyum bisa menciptakan 1 kebaikan. Pernah tidak kalian mengalami ketika berada di swalayan dan berhadapan dengan oarang yang kita pikir berwajah galak atau tak bersahabat namun setelah kita tersenyum sejurus kemudian mimik muka mereka berubah balik tersenyum. it's miracle. Tersenyum merupakan salah satu dari sekian banyak contoh berbagi dan memberi yang dapat kita lakukan. 
Jadi, tak selamanya berbagi dan memberi itu harus berupa hal yang besar.

Saya mungkin bukan orang yang memiliki kompetensi untuk berbicara berbagi dan memberi, namun semua hal yang saya utarakan merupakan sesuatu hal yang pernah saya alami.
Jangan pernah takut untuk terus berbagi dan memberi. Karena setiap kebaikan yang kita lakukan akan terus kekal tak hanya kita sendiri yang merasakan namun suatu saat akan dinikmati oleh orang-orang terkasih disekeliling kita.
Selamat berbagi teman-teman :)

Comments

Popular Posts